« Home | Bandar Udara Tjilik Riwut » | FOO Tugas dan Wewenangnya » | Spotting 10 April 2006 » | HUT TNI AU (Unpublished Photo) » | My Lady at Work » | Boeing 747-300 Saudi Arabian Arlines » | HUT TNI AU KE 60 » | Boeing 787 » | Be a Pilot » | Sore Hari di Runway 25R Soekarno Hatta, Jakarta »

GROUND HANDLING

Dalam suatu operasi penerbangan di bandara ataupun di suatu perusahaan penerbangan, banyak hal yang membutuhkan persiapan dan melibatkan banyak orang dalam mendukung kesiapan penerbangan. Persiapan tersebut diperlukan guna mendukung lancarnya operasi penerbangan dan juga sebagai alat control dalam menjamin keselamatan suatu operasi penerbangan. Persiapan tidak hanya dilakukan oleh awak udara (pilot dan pramugari) melainkan oleh awak darat juga. Persiapan yang dilakukan oleh awak darat tertuang “garis besar tata operasi darat.


Tata Operasi Darat (TOD) atau Ground Handling mencakup antara lain :



  1. Prosedur keberangkatan dan kedatangan penumpang

  2. Prosedur keberangkatan dan kedatangan cargo/mail

  3. Prosedur keberangkatan dan kedatangan pesawat udara

  4. Lay out sebuah airport

  5. Membaca ABC Guide, Time Table, Travel Information Manual (TIM)

  6. Cara menghitung flight time

  7. Cara memeriksa Paspor, Visa, Health Certificate, Tiket, Fiskal, Airport Tax

  8. Aircraft and the positioning of the transportation equipment

  9. Hal-hal yang berhubungan dengan pesawat udara :
  • Cleaning (membersihkan)

  • Catering (penyediaan makanan dan minuman)

  • Fuelling (pengisian bahan bakar)

  • Marshalling / parkir (memarkir pesawat)

  • Push back (alat pendorong pesawat)

  • Maintenance (pemeliharaan)

Prosedur Keberangkatan Penumpang

Yang perlu dipersiapkan petugas sebelum di check-in counter dibuka :


  • Passenger manifest

  • Boarding Pass

  • Baggage claim tag

  • Lab tag lainnya seperti : security tag, priority tag, fragile tag, group tag, name tag, checked baggage tag.

  • Excess baggage ticket

  • Seat allocation, khusus pemesanan special seat

  • Purser Information

  • Form Passenger Baggage Weight Sheet (PBWS)

  • Form Passenger Transfer Message (PTM)

  • Form Baggage Allowance, serta cara menghitung excess baggage

Passanger Manifest


  • Passenger Name List, dengan destination (tujuan)-nya

  • Special request, seperti seat, meal, wchc (whellcairs) atau kursi roda.

  • Special Information seperti VIP, UM, INF (Infent)

  • Connecting Flight





Boarding Pass

  • Flight/Date, Name, Gate, Seat, Boarding Pass Number, Destination

  • Warna dari boarding pass menunjukkan kelas penerbangan (Merah untuk first class, Biru untuk business class, Hijau untuk economy class, Kuning untuk infant, Putih untuk airline staff atau discount ticket)



Baggage Ticket Tag

  • Single sector untuk satu destination, misalnya hanya Medan, atau Surabaya

  • Multi sector untuk bagasi yang melalui beberapa negara transit, misalnya Jakarta menuju Hongkong, harus melalui Singapore.

  • Untuk Airline Staff atau discount ticket, yang bisa diturunkan di setiap transit station, kalau tempat duduknya penuh.

  • Final Destination

  • Rush Tag untuk pengiriman bagasi yang ketinggalan atau dikirim tanpa name penumpang/pemiliknya.

Label-Label (Tags) Lain yang Perlu


  • Security Bag

  • Online Baggage tag, direct journey between two points

  • Interline Baggage tag, more than one carrier

  • Cabin baggage tag, unchecked baggage

  • Priority tag : first class, VIP Passanger

  • Checked Baggage Sticker/Label : untuk kotak-kotak supaya tidak tertukar dengan cargo.

  • Name Label

  • Fragile and Damage Tag / Sticker : sticker untuk barang pecah belah

  • Unaccompanied Minors (UM)

  • Perishable

  • Live Animal (AVI)

Excess Baggage Ticket


  • Perlu mengetahui cara menghitung excess baggage, baik menurut weight maupun piece system

  • Nomor tiket penumpang, kelebihan berapa, harga per kilo, per potong, perusahaan penerbangannya, jumlah yang harus dibayar, tax, total yang harus dibayar, bentuk pembayaran.




Cara Memeriksa Travel Document
  • Tiket : apakah namanya ada di passenger manifest, class, flight number, carrier, validity, booking status (OK, RQ, Open)
  • Paspor : apakah foto dipaspor sama dengan orangya dan namanya sama dengan di tiket. Validity dan keadaan paspor.
  • Visa negara asal / tujuan / transit, apakah ada anggota keluarga yang ikut.

Seat

  • Apakah sudah request ?
  • Pergi sendiri ataukah dengan orang lain, UM, WCHC, Mother with infant, stretcher.
  • Formulir yang Diperlukan
  • PBWS (Passengers and baggage weight sheet); station, flight, date, version, number of seat, destination and class, adult, child, baggage.
  • PTM (Passenger Transfer Massage)
  • SOM (Seat Occupied Message)
  • Special Information Message seperti VIP, UM, WCHC, VGML, MOML.
  • Purser Information
  • Untuk special food, UM, VIP

Prosedur Kedatangan Penumpang

Petugas di bagian kedatangan pesawat/penumpang haruslah mengetahui jam-jam kedatangan pesawat (ETA = Estimated Time Arrival), sehingga bisa mempersiapkan diri. Mereka juga harus mengetahui apakah ada penumpang yang transit, yang ditansfer, dan yang turun di tujuan akhir. Penumpang yang akan transit akan diberi transit card. Yang ditransfer atau pindah pesawat akan segera dibantu sehubungan dengan tempat duduk, bagasi. Dan bagi mereka yang sampai ditujuan akhir, akan dibimbing ke bagian imigrasi untuk pemeriksaan pasor, visa, lalu ketempat pengambilan bagasi. Jika ada bagasi yang hilang atau rusak, penumpang dipersilahkan ke bagian lost & found untuk melaporkan kejadian.

Berlangganan, masukkan e-mail Benfrizs Personal Blog!


powered by Bloglet
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from benfrizsmalau. Make your own badge here.